BIMBINGAN TEKNIS PROMOSI PENGEMBANGAN PASAR AUSTRALIA SELANDIA BARU DAN OSANIA

oleh -195 views

Sukabumi – Kementrian pariwisata mengadakan wonderful indonesia Puluhan peserta dari penggiat pariwisata, komunitas pencinta wisata memenuhi ballroom samudra Bech Jl. Raya Cisolok pelabuhan ratu untuk mengikuti Bimbingan Teknis Promosi pengembangan pasar Australia, Selandia baru dan Oseania di pelabuhan ratu yang menghadirkan narasumber dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI diwakilkan ibu Titi wahyuni dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ibu reni erawati, Disbudpar sukabumi, dan pembuat konten digital pada era milenial Yulianus Firmansyah Ladung pada Rabu (26/7).

Membuka bimtek, Titik wahyuni memaparkan pentingnya peran publikasi atau promosi digital saat ini dalam mengenalkan wisata khususnya pariwisata Geopark secara luas dan bagaimana peran DPR dalam mensupport perkembangan pariwisata yang ada didaerah, serta mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta mengembangkan pariwisata.

“Ini sebagai salah satu langkah bagaimana SDM kita sudah siap menghadapi perkembangan di era 4.0, dimana pariwisata diharapkan bisa menjadi pondasi perekonomian disamping pertanian dan kelapa sawit atau minyak bumi. Sehingga, untuk DPR sendiri peran dalam pengembangan juga sudah dilakukan dalam berbagai cara, diantaranya penerapan kebijakan pariwisata Indonesia dari regulasi, anggaran hingga pengawasan,” jelasnya.

Sejauh ini, dikatakan Titik wahyuni yang meliputi regional IV , untuk anggaran memang diakui masih kurang dari jumlah yang diperlukan, khususnya untuk promosi wisata di luar negeri. Sedangkan untuk pengawasan, dari legislatif sendiri juga sudah dibentuk Panitia Kerja (Panja) pemasaran dan destinasi pariwisata komisi X DPR RI. Panja ini dibentuk tujuannya untuk pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara, nusantara dan destinasi pariwisata.

Rahman akbar selaku kabit pariwisata kabupaten sukabumi dalam sambutannya juga mengatakan jika bimtek yang diadakan seperti ini merupakan contoh konkret harmonisnya hubungan antara lembaga di negara, dimana DPR khususnya Komisi X selalu mendukung seluruh kegiatan gelaran Kemenpar.

“Karena tidak bisa dipungkiri jika pariwisata terbukti menjadi penyumbang devisa kedua terbesar Indonesia dan akan menyalip posisi minyak bumi jika terus mendapatkan dukungan tak hanya dari legislatif tetapi juga semua pihak. Sehingga diharapkan ini bisa menjadi motivasi untuk mendorong juga yang ada di daerah agar pariwisatanya lebih berkembang,” terangnya.

Dari Kemenpar juga telah melakukan rapat koordinasi pariwisata nasional bulan lalu dengan tema serupa bimtek hari ini yaitu Pentingnya Peran Publikasi Digital Pada Era Milenial, dengan tujuan mendorong seluruh komponen agar bersama menyongsong era ini. Terlebih, wisatawan juga sudah semakin pandai. Karakteristik wisatawan sebelum datang pasti sudah searching lebih dahulu mencari info baik untuk transportasi dan pastinya lokasi wisata yang akan dikunjungi. Untuk itulah sangat pentingnya peran publikasi digital sebagai penyuguh informasi bagi wisatawan.

Bahkan, jika ada waktu ke depannya Kemenpar juga akan terus melakukan sosialisasi strategi tertentu yang dapat diikuti setidaknya untuk bisa jadi referensi stakeholder dalam menjalankan promosi atau pemasaran pariwisata. Khususnya yang ada di geopark kabupaten sukabumi tuturnya. (Zul)

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.