ANGGOTA LANUD SURYADARMA MELAKSANAKAN LATIHAN KAMHANLAN

oleh -

Untuk melatih dan mengingatkan kembali pelaksanaan protap dalam menanggulangi bahaya serangan dari pasukan musuh yang akan mengancam keamanan dan pertahanan Pangkalan TNI AU Suryadarma, maka anggota Lanud Suryadarma melaksanakan Latihan Keamanan dan Pertahanan Pangkalan (Kamhanlan) di wilayah aset Pangkalan TNI AU Suryadarma. Kalijati Subang. Rabu (13/10/2021).

Gelar latihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut mulai hari selasa (12/10/2021) sampai dengan hari ini Rabu (13/10) yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tarmuji Hadi Susanto sebagai komandan latihan dan Kasi Opslat mayor Pnb Zen Mokhammad A.P Wadan Latihan, Komandan Sathanlan Letkol Pas Agus Sutopo serta para pejabat terkait lainnya dan Anggota Lanud Suryadarma yang terlibat dalam giat Latihan Kamhanlan.

Latihan yang yang dilaksanakan di area Lanud Suryadarma ini bertemakan “Pangkalan TNI AU Suryadarma dalam kondisi pandemi Covid-19 (New Normal) siap melaksanakan Operasi Pertahanan dan Keamanan Pangkalan untuk mewujudkan daya tangkal yang solid dari setiap ancaman guna mendukung tugas TNI Angkatan Udara”.

Menurut Kadisops, Kolonel Pnb Tarmuji Hadi S., S.AP., M.M., M.Sc. bahwa tujuan dari latihan Kamhanlan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para personel Lanud Suryadarma dalam melaksanakan Operasi Keamanan dan Pertahanan Pangkalan untuk mewujudkan daya tangkal yang solid dari setiap ancaman guna mendukung tugas TNI Angkatan Udara, sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat berhasil dengan baik.
” Untuk itu latihan Hanlan ini kita laksanakan secara rutin dan terprogram dengan skenario yang berbeda, dimaksudkan untuk merifres kembali Protap Basic Millitary dalam menanggulangi segala bentuk ancaman maupun serangan musuh dihadapkan pada situasi dan kondisi apapun, sehingga seluruh prajurit TNI AU khususnya Lanud Suryadarma dituntut untuk mengetahui benar situasi dan kondisi medan yang sebenarnya”. Jelas Kadisops.

Sedangkan menurut Komandan Sathanlan Letkol Pas Agus Sutopo yang juga sebagai pelaksana Latihan mengatakan bahwa Latihan Kamhanlan bagi anggota Lanud Suryadarma ini guna mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan di Lanud Suryadarma.
“oleh karena itu kami merefesh kembali Latihan pertahanan pangkalan maupun latihan PHH kepada anggota Lanud Suryadarma, dan saya berharap dengan latihan ini personel lanud Suryadarma dapat mengetahui tugas serta fungsinya masing-masing sehingga apabila ada bahaya keamanan kita sudah siap”, pungkas Dansathanlan.

Berita gambar : Anggota Lanud Suryadarma saat melaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan.

Subang, 13 Oktober 2021

Kapen Lanud Suryadarma,

Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si.
Letkol Sus NRP 524400