Hari Pertama Serbuan Vaksin, Warga Masyarakat Blitar Raya Antusias Datangi Lokasi Serbuan

oleh -

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 14 Oktober 2021.

Hari pertama serbuan vaksin yang dilaksanakan oleh TNI AL Koarmada II, tampak warga masyarakat di Blitar Raya sangat antusias mendatangi dua lokasi terpusat Serbuan Vaksin dan 22 puskesmas yang tersebar di 22 kecamatan. Kamis (14/10).

Serbuan vaksinasi yang dimulai sejak hari ini, Kamis dan Jumat besok, tanggal 14 hingga 15 Oktober 2021 dilaksanakan di dua lokasi utama. Untuk Kabupaten Blitar dengan jumlah penduduk 1.200.000 Jiwa (tersebar di 22 Kecamatan), vaksinasi massal digelar di Alun-alun Pemkab Blitar di wilayah Kanigoro, dan 22 Puskesmas di wilayah Kabupaten Blitar. Sedangkan di Kota Blitar dengan penduduknya yang berjumlah 120.000 jiwa, serbuan vaksin dilaksanakan di Gedung Kesenian Aryo.

Dalam Serbuan Vaksin di Blitar Raya ini Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P,M.Tr.(Han)., memberikan dukungan vaksin jenis Sinovac sebanyak 40.000 dosis Tahap 1 dan Tahap 2 sebagai wujud dukungan terhadap program pemerintah dalam percepatan vaksinasi demi tercapainya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) seluruh masyarakat Indonesia, serta lekas pulihnya perekonomian nasional. Dari jumlah tersebut, Pemkot Blitar mendapat dukungan sebanyak 10.000 dosis. Sementara Pemkab Blitar mendapat 6.000 dosis, sementara sisanya 24.000 dosis dibagikan kepada 22 Puskesmas di wilayah Kabupaten Blitar. Untuk sasaran vaksin yakni masyarakat umum dan pelajar di Blitar yang berusia 12 tahun ke atas dengan jumlah nakes sebanyak 68 orang.

Ditempat terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P,M.Tr.(Han)., berharap dengan melihat antusiasme masyarakat Blitar di hari pertama serbuan vaksin mudah-mudahan target 40.000 dosis vaksin akan bisa dicapai di hari kedua yang akan dilaksanakan besok.

Selain dengan masyarakat Blitar, Koarmada II sendiri selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2 kepada masyarakat yang berada di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir, dan perkotaaan seperti Pulau Sapeken, Pulau Bawean, Kabupaten Lamongan, Bangkalan, kemudian Kota Surabaya dan Malang Raya menjadi target sasaran vaksinasi. Dilanjutkan dengan Kabupaten Tegal,Trenggalek, Kediri, Pasuruan, Gresik, dan Sidoarjo. Selain itu Koarmada II juga telah berkontribusi memperkuat imunitas tubuh para pekerja pelabuhan dan sektor maritim di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelindo 3, kemudian para pekerja pabrik hingga pekerja media.

(Pen2).