Lestarikan Budaya Nugal Padi Dayak Iban Bersama Anggota Satgas Yonif 144/JY di Perbatasan

oleh -

Langau 1, Anggota Satgas Pam Tas RI-Malaysia Yonif 144/JY membantu warga melaksanakan Nugal Padi di desa Langau 1 Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau.Sabtu (09/10/2021).

Melestarikan budaya Nugal Padi yang di wariskan oleh nenek moyang mereka zaman dahulu warga Dayak iban merupakan kegiatan yang sering mereka lakukan apabila masuk musim penghujan seperti sekarang bulan September sekarang ini, anggota Satgas Kami Pos Seimawang II bersama warga Dayak iban membantu warga dalam pelaksanaan Nugal Padi.

Kehadiran satgas Pamtas di perbatasan tidak hanya menjaga perbatasan melainkan membantu kesulitan-kesulitan warga yang disekitar agar terjalin hubungan yang baik antara satgas dengan masyarakat sehingga terbentuk Kemanunggalan TNI dengan rakyat”, Ucapan nya.

Disampaikan nya salah satu pemilik ladang Pak Alwi (40), Mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak Satgas yang telah membantu kami dalam kegiatan Nugal Padi ini”,Kami juga jadi bersemangat dan bahagia atas ketulusan Bapak Satgas yang sudah hadir atas undangan kami,ini merupakan warisan nenek moyang kami untuk mendapatkan hasil padi/beras yang untuk di konsumsi”, imbuhnya.

Serda Dedi Bustamil dan empat rekannya dari Pos Langau 1 Ssk II,”kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa cinta kita terhadap warga dan pembinaan teritorial agar terjalin hubungan yang harmonis di Perbatasan ini”, Pungkasnya.

Nugal Padi Dayak iban merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan meskipun di masa modern sekarang ini, kegiatan ini mengedepankan protokol kesehatan.(Pen Yonif 144/JY)