Pamen Ahli Kodam V/Brw Tinjau Ba.Otsus Abit TNI AD Di Kodim 0825/Banyuwangi

oleh -

BANYUWANGI – Komando Distrik Meliter (Kodim) 0825/Banyuwangi menerima kunjungan Kolonel Inf Dody Triharyono Pamen Ahli Kodam V/Brw, kunjungan tersebut dalam rangka meninjau langsung Ba.Otsus Abit TNI AD TA 2021 yang berlangsung di wilayah Kodim 0825. (08/10/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan pemantauan perkembangan Bintara Otsus Papua TA. 2021 yang saat ini berada di beberapa Kodim jajaran Kodam V/Brw.

Pamen Ahli Kodam V/Brawijaya tiba di halaman Makodim 0825 Banyuwangi langsung disambut Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P., M.I., Pol. Dandim 0825 Banyuwangi didampingi Mayor Inf Herawady Karnawan Kasdim 0825/Banyuwangi, Kapten Inf Surahman Perwira pendamping Ba Otsus dan Letda CBA Wailik Pasiaga Kodim 0825 Banyuwangi selanjutnya menuju ruang lobby Dandim 0825 Banyuwangi.

Dalam kunjungannya Pamen Ahli Kodam langsung berkeliling di area Makodim 0825/Banyuwangi serta
tempat pembelajaran para Bintara di Aula Panglima Besar Soedirman dan ruang aula terbuka yang digunakan para Bintara Otsus, ucapnya.

Kolonel Inf Dody Triharyono Pamen Ahli Kodam V/Brawijaya mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0825 Banyuwangi, para pembina dan Bintara Otsus, saya datang kesini untuk melaksanakan pemantauan secara langsung para Bintara Otsus.

Kegiatan hari ini dalam rangka meninjau kegiatan langsung para Bintara Otonomi Khusus yang asli dari Papua, untuk melihat sejauh mana kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0825/Banyuwangi ini,” tambahnya.

Selanjutnya mereka selama 2 (dua) bulan setengah ini mereka belajar berlatih untuk menimbah ilmu khususnya di wilayah Kodim 0825/Banyuwangi yang nantinya selesai mereka melaksanakan penugasan nanti mereka akan berusaha mengaplikasikan dimana mereka bertugas nantinya.

“Para Bintara ini akan memberikan kontribusi ilmu yang terbaik bagi warga dan masyarakat, dimana mereka bertugas nantinya”.

Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.Ip., M.I., Pol. Dandim 0825 Banyuwangi menyampaikan Bintara Otsus sebanyak 11 orang ini sudah 2 bulan melaksanakan latihan dan aplikasi di wilayah yang ada di jajaran Kodim 0825/Banyuwangi dan sebentar lagi akan ditutup, mayoritas para Bintara Otsus ini besaral dari Kabupaten Sorong,”ucap pria asal Semarang.

Pada saat HUT TNI KE-76 kita sudah pernah melaksanakan tatap muka antara Bintara Otsus dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi dan respon Pemerintah sangat positif sekali, harapan kita semua agar para Bintara Otsus ini dapat segera beradaptasi di Banyuwangi, para Bintara ini juga sudah melaksanakan pembelajaran pembuatan kopi dan usaha mikro sehingga ilmu yang sudah didapatkan nantinya bisa diambil dan dibawa ke wilayahnya masing-masing,” ujarnya

Dari 11 Ba.Otsus ada salah satu dari mereka an. Serda Luther Oktvianus way sebelum masuk TNI sudah pernah menjadi mahasiswa di Universitas Mercubuana Yogjakarta semester III sehingga sudah sangat paham situasi di Pulau Jawa. Serda Luther berkeinginan setelah selesai pendidikan akan melanjutkan kuliahnya hingga bisa meraih gelar Sarjana,” pungkasnya

Penulis (Cafunk/Oci)
Editor (Aang Albagaz)