Penghargaan dan Apresiasi WTP dari Kementerian Keuangan Merupakan Kado Istimewa Pada Momentum Perayaan HUT Kobar ke-62

oleh -

Kotawaringin Barat, – Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ke-62, yang mana tepat pada tanggal 3 Oktober 2021 di tahun ini, masyarakatnya nampak masih diberikan rasa gembira. Meski berbeda di tahun sebelumnya, kali ini perayaan hari jadi Kotawaringin Barat harus dilaksanakan secara sederhana. Meski demikian, sebagian besar masyarakat kobar nampaknya dapat memaklumi akan hal itu. Mengingat, pasca kejadian pandemi Covid-19 yang belum diketahui pasti kapan berakhir, membuat Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat meniadakan perayaan pada HUT Kobar di tahun 2021.

Akan tetapi, meski perayaan HUT Kobar di tahn ini telah ditiadakan oleh pemerintah, kini masyarakat diberikan beberapa kado istimewa dalam momentum Hari Jadi Kabupaten Kotawaringin Barat ke 62. Yang mana kado tersebut yakni peresmian Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kobar yang selama ini di nanti nanti oleh masyarakat Kobar. Selain itu, Peresmian Rumah Sakit di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), serta sebagai salah satu kabupaten yang lima tahun berturut turut meraih penghargaan WTP, kini kabupaten Kobar kembali mendapatkan penghargaan dan apresiasi WTP yang ke 7 kalinya dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Tentunya di momentum perayaan HUT Kobar kali ini, semuanya merupakan hadiah sekaligus kado istimewa yang dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Kotawaringin Barat secara khusus.

” Saya ucapkan rasa terima kasih atas dukungan dari semua elemen, baik itu masyarakat kobar maupun teman-teman SKPD yang selama ini telah bekerja keras dan juga bekerja sama dalam membangun bersama kabupaten Kotawaringin Barat atas kerja nyata dan ikhlas.” Ucap Bupati Kobar Hj Nurhidayqh. Jumat,(8/10/21).

Semoga dengan diraihnya penghargaan ini, ini merupakan motivasi bagi kita semua terutama teman-teman di SKPD untuk terus memacu kinerja dengan cara bekerja keras guna bersama sama untuk menuju kobar maju dan Jaya.” Pungkas Nurhidayah.
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah, Hadi Utomo mengatakan, penghargaan dari kementrian keuangan tersebut merupakan apresiasi terkait dengan peraihan WTP yang mana atas kabupaten Kotawaringin Barat telah berhasil mempertahankan WTP tersebut lebih dari lima tahun berturut-turut.

” atas penghargaan yang lebih dari lima kali berturut turut itu, sehingga Kobar diberikan apresiasi WTP berupa plakat selain piagam penghargaan.” Kata Hadi.

Dijelaskannya, WTP merupakan suatu penghargaan yang tertinggi dan yang terbaik atas hasil audit dari laporan keuangan. Diantaranya penghargaan WTP terdiri dari bebrapa unsur yang wajib dilihat oleh BPK, yang pertama bahwa laporan penyusunan dan laporan keuangan pemerintah daerah telah sesuai dengan standar akuntansi, kemudian kelengkapan dari sebuah laporan keuangan pemerintah daerah itu telah selesai dan tidak ada yang tidak diungkapkan dari semua transaksi anggaran yang ada di kabupaten kotawaringin barat, sejauh ini Kotawaringin Barat masuk dalam kriteria itu, kobar dinilai taat dalam peraturan perundang-undangan juga dalam mengeksekusi RAPBD, dan APBDnya, yang terakhir adanya keefektifan sistem pengendalian internal yang ada di kabupaten Kobar.

” dari empat unsur itu, yang mana BPK telah berkeyakinan bahwa Kotawaringin Barat telah memenuhi secara keseluruhan, sehingga Kotawaringin Barat wajib mendapatkan apresiasi dan penghargaan.” Pungkasnya.
(And/Th/Indonesiaexpres.co.id).