Personel Koarmada II Terima Sosialisasi Batas Maritim NKRI Serta Penyusunan dan Penerbitan Doktrin di Lingkungan TNI AL

oleh -

SURABAYA – Personel Koarmada II khususnya para Perwira Menengah dan Perwira Pertama, mengikuti sosialisasi yang diadakan oleh Staf Operasi TNI AL mengenai Batas Maritim NKRI dan Sosialisasi Penyusunan dan Penerbitan Doktrin di Lingkungan TNI AL. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Puslat Kaprang Kolat Koarmada II, dari tanggal 7-8 Oktober 2021.

Asops Kasal, Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), dalam sambutannya yang dibacakan oleh Paban IV Sopsal, Kolonel Marinir Suliono, S.E. mengatakan bahwa pembinaan operasi dan latihan dalam memahami operasi di perbatasan laut, harus sesuai aturan yang diimplementasikan dalam Hukum Laut Internasional.

Sedangkan sosialisasi penyusunan doktrin di lingkungan TNI dan Koarmada II, sesuai dengan Peraturan Panglima TNI No. 552/VII/2020 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Penyusunan doktrin di lingkungan TNI untuk menghasilkan atau mewujudkan buku petunjuk sehingga dapat tercapai empat capaian yang diinginkan.

Lebih lanjut menurut Asops Kasal, empat pencapaian yang dimaksud yakni, Untuk menegakkan hukum wilayah yurisdiksi nasional sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku. Kemudian, Pedoman dan panduan batas laut yang dikembangkan pada batas maritim untuk udara dan laut bagi TNI AL.

“Berikutnya Menghindari provokasi dan menjaga keselamatan bagi Indonesia, dan dampak untuk mencegah kerugian bagi unsur dan pesawat. Dan terakhir, untuk mendukung organisasi dalam menghasilkan buku petunjuk dan penyusunan doktrin di lingkungan TNI, ” jelas Asops Kasal.

Sosialisasi yang dipusatkan di Kolat Koarmada II ini, juga diikuti beberapa satuan kerja TNI AL lainnya melalui sarana vicon. Satuan yang dimaksud antara lain Puspenerbal, Guspurla Koarmada II, Lantamal V Surabaya, Pasmar 2, Puskopaska, Satlinlamil 2 Surabaya, Guskamla Koarmada II, Lantamal VII, Lantamal VIII, Lantamal XIII, Lanal Rote, Lanal Tahuna,Lanal Melonguane, serta Lanal Nunukan.

Editor : Gus
Sumber : Pen2