TANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR, SATGAS TMMD BERIKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN PEMAHAMAN PANCASILA KEPADA PELAJAR

oleh -

Yapen –  Dalam rangka menanamkan Rasa Cinta Tanah Air kepada seluruh pelajar SMP Negeri Kampung Miosnum, Serma M. Rizal Kemhay salah satu personel Satgas TMMD ke-112 Kodim 1709/Yawa memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Pancasila kepada pelajar SMPN Miosnum Distrik Pulau Yerui Kab. Kepulauan Yapen, Sabtu (09/10/2021).

Kepada seluruh pelajar Serma Rizal menjelaskan bahwa, materi wawasan kebangsaan yang diberikannya terkait dengan semangat kebangsaan atau jiwa nasionalisme yang merupakan bagian dari wawasan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila sebagai Ideologi Negara, yang merupakan pendorong dan motivasi bagi para pelajar generasi muda penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan.

“Sejarah lahirnya Pancasila adalah untuk menyatukan seluruh komponen bangsa yang terdiri dari bermacam-macam suku, adat-istiadat, ras dan agama, dalam butir-butir Pancasila pun sudah jelas mengandung nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dan nilai persatuan dan kesatuan, agar kita sadar bahwa dengan adanya Pancasila sebagai dasar ideologi negara, tidak ada lagi pertentangan antara suku, golongan maupun agama, semuanya sudah dilindungi dan disatukan oleh Pancasila,” pungkasnya.

Setelah menjelaskan materi, Serma Rizal juga mengisi dengan pemberian tugas kelompok dan kuis kepada para pelajar, yang berujung dengan pemberian hadiah buku dan alat tulis kepada para pelajar yang berhasil lebih awal menyelesaikan tugas dan menjawab dengan baik dan benar seluruh kuis yang telah diberikannya.

Dengan adanya kegiatan ini, Serma Rizal juga berharap, “Dapat memberikan manfaat yang sangat besar sehingga dapat membentuk generasi muda yang bertanggung jawab dan disiplin serta memiliki rasa dan jiwa cinta tanah air, serta menjaga dan mengisi kemerdekaan bansa ini dengan menjalankan kewajibannya sebagai pelajar yaitu menuntut ilmu dengan baik disekolah, taat kepada orang tua dan guru, patuh pada tata tertib sekolah, menaati norma agama dan peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah serta dilingkungan rumah mereka masing-masing”, harapnya.

Kosang kadiwaru, salah seorang tenaga pengajar yang turut hadir saat itu turut memberikan apresiasinya, “Terima kasih yang tak terhingga kepada Satgas TMMD Kodim 1709/Yawa yang telah hadir disekolah ini, semoga Pengetahuan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang diberikan dapat bermanfaat dan meningkatkan kedisiplinan serta motivasi rasa cinta  terhadap Tanah Air Indonesia bagi seluruh siswa dan siswi kami ditempat ini”, imbuhnya.